Rabu, 15 Mei 2013

Jalan-jalan gratis ke Singapore dan Malaysia



Hai, guys! Kali ini aku mau berbagi cerita tentang kenangan indah yang ga akan terlupakan seumur hidupku. Yaitu jalan-jalan gratis ke Singapore dan Malaysia. Mau tau bagaimana caranya? Let’s check it out!
Waktu itu adalah ketika aku masih duduk di kelas tiga SMP di SMPK Maria Fatima Jember. Kelas 3 adalah kelas ujian, dan kami harus menempuh ujian akhir guna bisa tamat pendidikan menengah, dinyatakan lulus dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Pada saat itu juga, tahun 2009, ada program dari Dinas Pendidikan Jember, memberikan studi tour gratis ke Singapore dan Malaysia kepada siswa-siswi berprestasi, yaitu siswa-siswi yang meraih nilai tertinggi di kecamatan dimana sekolahnya berada, dan siswa-siswi yang mewakili Jember dalam perlombaan tingkat propinsi.

 
Melihat kesempatan itu, aku tertarik dan aku belajar giat untuk meraih nilai terbaik UAN. Selain itu, aku membarengi usahaku dengan berdoa. Hari demi hari, waktu berjalan cepat, aku melewati masa ujian dengan semampuku. Hari yang paling aku tunggu adalah hari dimana nilai UAN keluar. Sungguh kecewanya diriku, ketika aku tahu bahwa aku ada di peringkat nomer dua nilai UAN tertinggi (nilai ku 37,15). Nilai UAN tertinggi di sekolahku diraih oleh temanku, Kevin dengan poin 37.25. Skor maksimal UAN adalah 40. Dengan begitu, pupus sudah harapanku untuk pergi ke Singapura dan Malaysia. Karena aku tahu Kevin yang lebih berhak diajukan sebagai penerima program studi tour itu.
Hari pun berlalu. Aku sudah melupakan mimpi itu. Aku melanjutkan pendidikan ku di SMAK Santo Paulus Jember , dan Kevin melanjutkan ke SMAK Santo Louis Surabaya. Namun ternyata keberuntungan ada dipihakku. Pada bulan September aku ditanya oleh mantan kepala sekolahku di SMP , tentang kesediaanku berangkat studi tour. Setelah aku selidiki, ternyata Kevin keberatan terhadap studi tour tersebut. Dia tidak mau repot-repot pulang-pergi Surabaya-Jember untuk mengurus visa dan paspor ke Singapura dan Malaysia. Sehingga, akhirnya yang menerima program studi tour adalah aku! Bahagianya diriku!
Aku berangkat ke Singapore dan Malaysia bersama dengan teman-teman yang juga meraih nilai UAN tertinggi di wilayahnya. Studi tour itu berlangsung selama 5 hari. Selain berkunjung ke sekolah-sekolah, kami juga berkunjung ke tempat-tempat wisata menarik di Singapore dan Malaysia, mencicipi makanan dan tak lupa membeli oleh-oleh! Berikut beberapa dokumentasinya :





 Ni beberapa dokumentasi yang di Malaysia..












Tidak ada komentar: